Welcome

Thank you visit my blog god bless you

Minggu, 07 Desember 2008


KTSP : Menurut Kaca Mata Pendidik

Pandangan Umum

KTSP adalah Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan yang disusun dan dilaksanakan oleh satuan pendidikan.KTSP dilaksanakan secara bertahap, yaitu : dimulai tahun pertama 2006 dan di deadline tahun 2009. Keberadaan KTSP sangat positif bagi dunia pendidikan yang mengutamakan persaingan mengejar mutu pendidikan. sekolah akan berlomba - lomba untuk menjadi yang terbaik secara lokal, nasional maupun global.

KTSP yang disusun oleh satuan pendidikan mengacu pada panduan yang disusun oleh BSNP. yaitu ; Standar isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL). sedangkan pengembangannya berpedoman kepada : SI, SKL, SNP. singkatnya KTSP merupakan amanat Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 dan Peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005.

Pandangan Khusus

TSP dibagi dalam dua istilah, yaitu : Dokumen I dan Dokumen II.

Dokumen I adalah dokumen yang berisikan tentang pedoman sekolah dalam mengoperasikan Keberadaan sekolah secara umum. dan memiliki daya tarik terhadap masyarakat untuk menitipkan anaknya guna diasah, diasuh dan diasih.

Dokumen II adalah dokumen yang dikembangkan oleh pendidik dan diterapkan kepada peserta didik.dokumen ini meliputi : silabus dan RPP.







Tidak ada komentar: