Welcome

Thank you visit my blog god bless you

Jumat, 23 Januari 2009

Perlukah Kelas Unggulan di Sekolah?

oleh : Antonius, s.pd

A. Gambaran umum kelas unggulan

Kelas unggulan adalah kelas yang dipilih, ditempatkan dan dipromosikan menjadi icon kelas dan
sekolah pada umumnya sebagai predikat sekolah yang” beremerek” . kelas unggulan
biasanya dipilih berdasarkan tingkat intelektual siswa yang mewakili tiap kelas
di sekolah tertentu.Indikator utama yang menempatkan siswa – siswi
kelas unggulan adalah sebagai berikut :Siswa 10 besa, loyal terhadap aturan sekolah serta Kreatif dan inovatif. Siswa di kelas nggulan memiliki peran penting di suatu sekolah. Merlalui mereka inilah sekolah dikenal dan difavoritkan oleh mayarakat. Ini adalah alasan yang selalu
menjadi perisai guru membentuk kelas unggulan. Siswa yang menempati kelas
unggulan seringkali dijadikan “ Model “ kelas yang menjunjung tinggi prestasi
dan pribadi. Kelas unggulan merupakan teladan bagi kelas lainnya di sekolah
tertentu. Keadaan inilah yang membuat dunia “pendidikan berpikir keras” perlukah kelas unggulan di sekolah?”.

B. Nilai Plus Kelas Unggulan
Berdasarkan hasil pengamatan ( positive View ), Siswa-siswi yang menempati kelas unggulan memiliki dampak psykologi bagi guru dan murid. Adapun dampak yang dimaksud adalah sebagai berikut :

B.1. Bagi guru : tercapai dan bangga

Setiap pembelajaran yang disampaikan oleh guru dikelas bertujuan mewujudkan kompetensi pembelajaran. Jadi berhasi tidaknya proses belajar mengajar (PBM) tergantung penguasaan siswa terhadap tujuan tersebut. Untuk kelas yang memiliki siswa yang terpilih harapan guru tidak akan menjadi masalah, meskipun waktunya singkat (observasi guru ). Dengan demikian guru akan merasa senang atau bangga dengan apa yang telah disampaikannya.

B.2. Bagi Siswa : bersaing dan berkembang
Siswa pada kelas unggulan tanggap dan cekatan dalam mendengar, mengutarakan dan menemukan pemecahan masalah yang mereka hadapi. Sehingga kelas mereka terasa ramai atau luput dari kesunyian. Singkat kata mereka berusaha untuk dikenal dan dibanggakan. Aneka opini yang muncul dibenak mereka berkembang dan terus berkembang.

C. Eksistensi Kelas Unggulan

Berdasarkan gambaran yang diutarakan di atas penulis menyimpulkan bahwa kelas unggulan perlu dengan dasar pemikiran sebagai berikut :
  1. mewujujudkan sekolah yang diidolakan masyarakat
  2. mencetak sampel peserta didik yang berkualitas
  3. contoh pribadi atau akhlak mulia

D. Penutup

Berangkat dari pemikiran tersebut, dengan segala kekurangan berbagai opini insan pendidik sangat kami harapkan. Silahkan munculkan kritik dan saran mermbangun kami nantikan





Tidak ada komentar: