Welcome

Thank you visit my blog god bless you

Rabu, 28 Januari 2009

cara cepat belajar berbicara bahasa inggris

CARA CEPAT BELAJAR BERBICARA BAHASA INGGRIS

Pendahuluan

Berkomunikasi bahasa Inggris dengan baik adalah harapan semua orang, tanpa terkecuali para
siswa disekolah. Harapan ini muncul ketika seseorang secara visual tersentuh oleh berbagai bentuk inspirasi, seperti media elektronik atau media cetak. Media elektronik antara lain; televisi dan radio. Sedangkan media cetak meliputi; surat kabar, majalah atau tabloid yang ditulis dalam bahasa inggris. Namun apapun media yang disebutkan tidak akan memiliki arti bilamana seseorang tidak mempraktekannya atau mengaktualisasikannya dengan baik dan benar.

Kenyataan di lapangan menunjukan bahwa banyak harapan para siswa bisa berbahasa inggris dengan benar hanyalah wacana belaka. Penyebabnyaadalah kurangnya motivasi diri karena cara mudah untuk belajar bahasa inggris khususnya berbicara tidak dimiliki atau kurang termotivasinya mereka mempelajari cara-cara efektif dalam belajar bebicara bahasa inggris . siswabelajar hanya memenuhi tuntutan kurikulum belaka. Kondisi ini sunbgguh\memilukan hati guru.

Realita di atas mengetuk hati guru mengupas habis persoalan serta menyediakan cara yang mudah, praktis dan efektif bagi guru dan siswa dalam belajar berbicara bahasa Inggris. Adapun cara yang dimaksud oleh guru ( penulis) adalah 3M, yaitu : mendengar, meraba dan bicara.

Langkah-langkah pembelajaran

1. Cara pertama : mendengar

Mendengar adalah proses menstimulasikan atau mencerna menggunakan inderapendengaran(telinga). Apa yang didengar melalui televisi atau radio akan diproses oleh indera tersebut. Rata-rata siswa siswi masih belum mampu menyimaktutur sapa dari penutur asli atau bukan. Untuk mengatasi persoalan ini guruhendaknya membiasakan para siswa menyimak sumber belajar dengan cermat, seperti memberikan tontonan dengan tingkat bahasa yang digunakan sederhana dan terarah. Guru membimbing siswa dengan cara memberikan acuan topik yang sedang mereka hadapi. Misalnya menceritakan kembali apa yang sedangmereka tonton dan dengar. Guru juga hendaknya membiasakan diri untuk terus berbicara menggunakan bahasa inggris dikelas yang diasuhnya.

2. Cara kedua : meraba

Meraba adalah proses mengaktualisasikan segala hal yang diterima siswa melalui lisan maupun tulisan. Pada tahap ini tulisan sangat memegang peranan penting. Tulisan dalam hal ini berfungsi media pengingat siswa tentang apa yang disaksikan atau didengar langsung. Guru tak perlu menghakimi tulisan mereka, karena guru hanya menginginkan siswa mampu berbicara dalam bahasa inggris. Guru juga tidak perlu memberikan koreksi tata bahasa, yang penting komunikatif. Guru hendaknya mengingatkan para siswa agar Kesalahan tulisan yang dibuat jangan ditipex cukup di silang dan diganti dengan yang baru. Mengapa? Siswa sadar bahwa dia sedang belajar bukan mengajar, dcengan demikian motivasi akan muncul di dalam dirinya.

3. Cara ketiga : mengungkapkan

Mengungkapkan adalah proses pembuktian diri siswa terhadap apa yang didengar, ditonton dan dibaca. Apakah semua siswa mau melakukanya? Tentu tidak. Siswa yang pemalu sukar memenuhi harapan guru, sebaliknya siswa yang agresif akan cendrung mendominasi. Sebagai guru yang bijaksana atur irama pembelajaran yang kondusif, efektif dan inovatif sehingga proses belajar mereka bermakna. Misalnya ; minta bantuan pada siswa yang agresif membimbing, dengan catatan guru sudah membaginya dalam kelompok yang realistis.

Kesimpulan

3M adalah istilah yang digunakan oleh Penulis ( Guru ) untuk memudahkan para siswa belajar praktis dan efektif berbicara bahasa Inggris. Cara yang diperkenalkan ini adalah cara yang cukup efektif dalam proses pembelajaran bahasa inggris untuk siswa yang sedang belajar bahasa Inggris ( berbicara ). Tolak ukur guru adalah pengamatan dan praktek langsung di sekolah dengan menggunakan sarana yang tersedia. Harapan guru ( penulis ) semoga apa yang dimuat ini benar benar bermanfaat bagi perkembangan pendidikan disekolah maupun di luar sekolah.




Tidak ada komentar: