I. Reading ( Membaca )
Mengacu pada standar kompetensi lulusan untuk bahasa Inggris di SMP, adadua Kompetensi yang sangat perlu dan diharapkan untuk di ketahui guru dalam pengujian bacaan atau teks. Guru bahasa inggris dalam pembelajaran harus fokus
pada garis besar pembelajaran, yaitu :
1. Pembelajaran umum
memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun essay sederhana berbentuk Deskriptive, procedure, report, recount dan narrative dalam konteks kehidupan sehari-hari.
2. Pembelajaran khusus
kompetensi yang diharapkan, antara lain : gambaran umum,
(pikiran utama), informasi rinci tersurat dan tersirat, rujukan
kata dan makna kata dalam teks.
Teks
Naskah tertulis atau bacaan. Jenis teks yang dimaksud dalam
kompetensi ini adalah :
a. Genre : Deskriptive, procedure, report, recount dan narrative.
b. Fungsional : Caution, greeting card, short message,
invitation, announcement, advertisement dan letter
Intisari atau topik bacaan, tentang apa teks? Pikiran utama tersurat Kalimat utama ( topic sentence ), yang letaknya diawal, ditengah atau di akhir kalimat.
Pikiran utama tersirat
Ide penulis yang disimpulkan berdasarkan kalimat dalam paragarap, tentang apa paragraf itu?
Informasi rinci
Informasi yang
tidak tertera jelas pada teks bacaan, untuk memperoleh informasi jelas
diperlukan Intensive Reading.
Informasi tersirat
Informasi yang tidak tertera langsung pada teks, tetapidapat diketahui dari kalimat-kalimat (reading between the line )
Menafsirkan makna kataKetrampilan menentukan : kata rujukan, lawan kata,
persamaan kata dan defenisi kata dalam bacaan.
II. Writing ( Menulis )
Pada uji kompetensi ini guru sering melatih siswa :
- melengkapi kalimat
- menentukan susunan kata acak menjadi kalimat
- menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar